Kapan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru dimulai ?


  • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  sebagai upaya peningkatan mutu profesi guru secara berkelanjutan merupakan tuntutan dan kewajiban bagi seorang guru. Tanpa melakukan upaya tersebut maka ilmu pengetahuan yang dimiliki guru akan stagnan,bahkan dapat dikatakan out of date
  • Proses Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru harus dimulai dari guru sendiri. Sebenarnya guru tidak bisa “dikembangkan ” oleh orang lain jika guru sendiri belum siap untuk berkembang. Pihak-pihak yang mendapat tugas untuk membina guru perlu menggali sebanyak-banyaknya dari guru tersebut (tentang keinginannya, kekhawatirannya, masalah yang dihadapinya, pemahamannya tentang proses belajar-mengajar,dsb) sebelum memberikan masukan/saran.
  • Sosialisasi, pembinaan dari pemerintah melalui dinas pendidikan, organisasi profesi guru, kepala sekolah dan pihak terkait sangat diperlukan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan pengalokasian kesempatan pengembangan yang tidak merata, proses penyusunan program Pengembangan Keprofesian (PKB) harus dimulai dari sekolah. Sekolah wajib menyediakan kesempatan bagi guru untuk mengikuti program PKB sesuai ketentuan minimalnya dalam satu tahun.
  • Menurut Peraturan Menteri Negara PAN dan RB, dijelaskan bahwa PKB mencakup tiga hal yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s